REKTOR BUKA KEGIATAN SEMARAK RAMADHAN FST

Fakultas Sains dan Teknologi > Berita > REKTOR BUKA KEGIATAN SEMARAK RAMADHAN FST

Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar pembukaan acara Semarak Ramadhan 1442 H pada Senin, 12 April 2021. Acara tersebut dilaksanakan secara daring dan dirangkaikan dengan kajian menyongsong Ramadhan bertema “Menjemput Surga dengan Al-Baqarah” oleh Ustadzah Mahmuda Amin Mahmud, Lc., M.A.

Acara diawali dengan pembacaaan ayat suci Al-Quran oleh Ustadz Muhammad Yasin Taufik. Dilanjutkan dengan sambutan Ketua Unit Tahfidz Fakultas Sains dan Teknologi, Drs. Deden Suparman, MA. “Semoga rangkaian kegiatan semarak Ramadhan dapat berjalan dengan sukses dan dapat meningkatkan kualitas ibadah di bulan Ramadhan.”

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. Hasniah Aliah, M,Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa tahun ini merupakan tahun kedua Ramadhan dalam kondisi pandemi covid-19. Meski begitu, diharapkan semangat untuk menghidupkan bulan Ramadhan tidak berkurang. Bulan Ramadhan dikenal sebagai Syahrul Quran sehingga dianjurkan untuk meningkatkan interaksi dengan Al-Quran.

“Dengan ini Saya mengajak kita semua bisa ikut serta dalam kegiatan yang akan berlangsung selama 1 bulan kedepan mulai dari kegiatan tilawah dan tadabur, menghafalkan surat Al-Mulk, serta kajian Ramadhan untuk meningkatkan interaksi kita dengan Al-Quran, ” jelasnya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan acara semarak Ramadhan 1442 H oleh Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si. Dalam Sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi kepada keluarga besar Fakultas Sains dan Teknologi yang telah menyelenggarakan kegiatan semarak Ramadhan. Seperti disebutkan dalam sebuah hadis, “Barang siapa yang bergembira dengan datangnya bulan Ramadhan, maka dia akan masuk surga. Surga yang dimaksud adalah keberuntungan, kebahagiaan, kenyamanan baik di dunia maupun di akhirat.”

Rektor juga menekankan bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan yang oleh Allah SWT diberikan banyak tawaran, “Ibarat masuk ke sebuah pameran barang istimewa, ada yang keluar hanya mendapatkan barang yang kecil, namun ada pula yang berhasil membawa barang istimewa. Semoga dengan kegiatan semarak Ramadhan ini kita tidak hanya memperoleh bagian kecil, tetapi dapat memperoleh bagian yang besar yang dijanjikan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya.”

Rangkaian acara pembukaan semarak Ramadhan ditutup dengan Kajian Ramadhan oleh Ustadzah Mahmuda Amin Mahmud, Lc., M.A. langsung secara virtual dari Turki. Ustadzah Mahmuda merupakan penggiat Al-Quran, Pembina Madrasah Fatih Quraniyah di Turki serta Trainer dan Konsultan Keluaraga Muslimah. Dalam Kajiannya, beliau memaparkan keterkaitan antara Al-Baqarah dengan bulan Ramadhan dan bagaimana menjemput surga dengan Al-Baqarah. “Keutamaan surat Al-Baqarah, selain adanya perintah puasa, dalam surat ini pula berisi pemakmuran bumi dengan menerapkan aturan Allah SWT, sehingga surat ini dijadikan acuan bagi kita apabila ingin memimpin diri sendiri, keluarga, masyarakat dan negara”. (Ira-FST)

Leave a Reply