FST Adakan Terobosan Program Akselerasi Lektor Kepala dan Guru Besar

Fakultas Sains dan Teknologi > Akademik > FST Adakan Terobosan Program Akselerasi Lektor Kepala dan Guru Besar

Fakultas Sains dan Teknologi (FST) mengadakan program terobosan dalam kenaikan pangkat dan jabatan dengan menyelenggarakan “Pendampingan Akselerasi Jabatan Lektor Kepala (LK) dan Guru Besar (GB) untuk dosen di lingkungan FST”. Program ini dibagi menjadi dua agenda, yaitu Webinar Peningkatan Literasi Publikasi (1-3 Maret 2021) dan Workshop Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah bagi dosen yang sudah dinyatakan siap untuk mengajukan kenaikan jabatan fungsional menjadi LK dan GB (15-16 Maret 2021).  Program ini merupakan wujud nyata komitmen jajaran pimpinan FST untuk membantu dosen-dosen di lingkungan FST dalam meningkatkan jabatan fungsionalnya.

Ketua Program, Dian Sa’adillah Maylawati, S.Kom., MT., mengatakan bahwa saat ini banyak dosen FST yang terkendala masalah administrasi maupun publikasi ilmiah untuk menaikkan jabatan menjadi LK dan GB.

“Dosen-dosen yang ikut program totalnya 38 orang, dibagi menjadi 6 kelompok untuk dosen yang fokus mengurus administrasi dan lima kelompok untuk dosen yang fokus mempersiapkan publikasi ilmiahnya” ucap Dian.

Dekan FST, Dr. Hj. Hasniah Aliah, M. Si. dalam sambutannya mengatakan kenaikan pangkat dan jabatan adalah hak setiap dosen, hak anak istrinya, dan sekaligus menjadi kewajiban dosen untuk peningkatan kualitas lembaga. “Kegiatan ini diharapkan dapat membantu dan memotivasi dosen-dosen di lingkungan FST untuk terus menigkatkan karirnya, tidak hanya yang menuju LK dan GB, tetapi untuk semua dosen FST”, tambahnya.

Rektor UIN Sunan Gunung Djati, Prof. Dr. Mahmud, M. Si. dalam sambutannya mengatakan bahwa program ini merupakan sebuah ikhtiar yang patut dibanggakan sekaligus patut diberi apresiasi yang tinggi untuk mendorong dosen-dosen memperhatikan kenaikan pangkat yang memberikan manfaat bagi pribadi dan Lembaga.

Sementara itu Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Prof. Dr. Ali Ramdhani, MT., yang turut hadir memberikan Motivation Speech, mengatakan bahwa jabatan fungsional bagi dosen memiliki implikasi pada banyak hal, disamping rekognisi, fasilitas, dan afirmasi, juga banyak hal memberikan penanda bahwa sebuah perguruan tinggi relatif lebih baik dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya bila memiliki dosen-dosen dengan jabatan fungsional yang relatif tinggi.

Dalam seri webinar hari pertama yang diikuti oleh peserta dari dalam dan luar UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini, menghadirkan Prof. Dr. Sutikno, S.T.,M.T., yang merupakan Tim Penilai Jabatan Akademik Dosen Dikti, Kemendikbud menyampaikan materi  “Kenaikan Pangkat Lektor Kepala dan Guru Besar dan Penilaian Angka Kredit (Bagian Karya Ilmiah)”. Dalam penjelasannya mengenai penilaian jabatan, beliau mengatakan bahwa publikasi ilmiah memberikan nilai yang sangat besar pada penilaian jabatan akademik. Oleh karena itu, dosen dituntut untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitiannya pada jurnal ilmiah bereputasi, khususnya yang bereputasi internasional.

Seri Webinar hari kedua mengadirkan dua orang pakar dalam penulisan dan publikasi karya ilmiah yakni Prof. Dr. Eng. Khairurijal, M.Si yang menyampaikan “Tips Trik Menulis Artikel Jurnal Ilmiah” dan Dr. Bebeh Wahid Nuryadin, M.Si yang menyampaikan “Tips Trik Revisi Hasil Review Artikel Jurnal Ilmiah”.

“Dengan menulis artikel ilmiah dan mempublikasikannya berarti kita menyumbang tumbuh subur pengetahuan,” ujar Prof. Rijal. Sementara itu Dr. Bebeh, dalam pemaparannya, mengatakan bahwa merespon hasil review adalah kewajiban penulis bila ingin artikelnya dipertimbangkan bahkan diterima oleh pengelola Jurnal.

Pada hari ketiga yang merupakan webinar Seri terakhir dikhususkan bagi peserta yang dibidik untuk mengajukan Lektor Kepala dan Guru Besar dengan menghadirkan Busro, S.Ud., M.Ag yang fokus pada tips dan trik membidik Jurnal dan Ija Sutarja, S.Pd.I dari Bagian Kepegawaian memaparkan dengan detil teknis pengajuan kenaikan pangkat Lektor Kepala dan Guru Besar di UIN Bandung.

Program Pendampingan Akselerasi LK dan GB ini tidak berhenti di webinar karena seminggu berikutnya diselenggarakan “Workshop Pendampingan LK dan GB” di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor. Workshop yang diikuti 38 peserta ini berhasil menghantarkan 13 artilkel ilmiah dengan target Jurnal Nasional dan 25 artikel ilmiah dengan target Jurnal Internasional. Pendampingan ini akan berlangsung sampai bulan Juni 2021 untuk memastikan semua artikel peserta sudah submit dan dilakukan juga pendampingan korespondensi. Program semakin sempurna karena para peserta pendampingan juga diberikan apresiasi dalam bentuk bantuan dana publikasi pada Jurnal Nasional dan Jurnal Internasional bereputasi dari Fakultas (FST-Dian-Esty).

Leave a Reply