Tingkatkan SDM, 60 Orang Ikuti Workshop peningkatan Kompetensi Tenaga Kependidikan

Sebanyak 60  peserta mengikuti Workshop Peningkatan Kompetensi Tenaga Kependidikan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sunan Gunung Djati Bandung bersama Rahmayanti, S.IP., M.Si., dosen Akademi Sekretari dan Manajemen Ariyanti di Aula FST, Senin (24/08/2020). 


Dekan FST Dr. Hasniah Aliah, M.Si. didampingi Wakil Dekan I Dr. Yudha Satya Perkasa, M.Si., Wakil Dekan II Dr. Elis Ratna Wulan, MT., Wakil Dekan III Dr. H. Aep Saepuloh, M.Si., dan Ketua Unit Penjaminan Mutu FST Ir. Ahmad Taofik, M.P. menjelaskan acara Workshop ini berlangsung dari tanggal 24-28 Agustus dengan menghadirkan 10 narasumber: Rahmayanti, S.IP., M.Si., untuk hari pertama; Dr. H. Jaenudin, M.Ag. dan Drs. H. Akhmad Luthfi, M.M. untuk hari kedua; Dra. Hj. Dina Mulyati, M.Pd dan Dra. Euis Heni Herlina, M. Pd untuk hari ketiga; Drs. H. Fathujaman, M.Ag, Dra. Hj. Dedeh Kurnia, M.Ag dan H. Wawan Gunawan, S.Ag., MM untuk hari keempat; Dr. H. Aep Syaefudin Firdaus, M.Pd dan Deni Supiadi, S.Ag., MM untuk hari kelima. 


Dekan FST Dr.Hasniah Aliah, M.Si mengatakan sebagai pemimpin fakultas sangat menyadari bahwa SDM merupakan sumber daya terpenting yang membentuk kualitas lembaga ini. Tanpa dukungan dari SDM dosen dan tenaga kependidikan serta supporting team lainnya maka visi misi Fakultas dan universitas untuk unggul, kompetitif akan sangat sulit terwujud. Untuk itu pada akhir bulan Juli yang lalu telah menyelenggarakan workshop peningkatan kompetensi pedagogik untuk dosen, “maka saat ini dalam seminggu ke depan teman-teman tenaga kependidikan pendidikan termasuk supporting team lainnya akan mendapatkan materi-materi workshop terkait peningkatan kompetensi sebagai tenaga kependidikan.  Diharapkan dengan kegiatan ini bisa merefresh kembali tupoksi masing-masing melalui materi yang akan disampaikan oleh para Karo dan Kabag di lingkungan universitas,” tegasnya.

Rektor UIN Bandung, Prof.Dr.Mahmud, M.Si, mengapresiasi setinggi tinggi nya atas ikhtiar yang dilakukan FST dalam upaya meningkatkan kualitas dosen dan tenaga kependidikan demi memberikan layanan prima kepada mahasiswa.

Rektor mengingatkan pentingnya ikhtiar  lahir bathin serta koordinasi yang sinergis  antara elemen fakultas,agar terus bahu membahu, saling menguatkan satu sama lain, kerjasama dan sama sama bekerja.

Rektor berharap agar fakultas sains dan teknologi menjadi garda terdepan dalam bidang ilmu teknologi (IT).

“ Mari kita bekerjasma, berkolaborasi  dan saling menguatkan antara fakultas dalam merelisasikan UIN Bandung, Unggul dan kompetitif, tingkat regional, nasional dan internasional.” Tegas rektor


Pelayanan Prima

Komitmen bersama dalam memberikan pelayanan prima  lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) sangat dibutuhkan untuk peningkatan SDM. Para pengelola di fakultas bersama dengan tenaga kependidikan dan supporting sistem lainnya mempunyai peranan sebagai pelayan publik di lingkungan kampus UIN SGD. Umat Islam adalah umat yang paling menjunjung tinggi profesionalisme kerja dan pelayanan prima. Kita diajarkan untuk mencintai saudara kita seperti mencintai diri sendiri dan sebaik-baik kita adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain.  “Untuk itulah maka materi pelayanan prima menjadi materi pertama dan utama dalam workshop ini. Terima kasih kepada Ibu Rahmayanti yang telah meluangkan waktu dan nantinya akan membimbing kami semua bagaimana memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa dan dosen di lingkungan FST. Semoga dengan ilmu pelayanan prima dapat menjadi bekal bagi kita dalam menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,” jelasnya.

Bagi Rahmayanti, S.IP., M.Si., service atau pelayanan adalah kegiatan yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, yang bersifat tidak berwujud, tidak dapat dimiliki tetapi dapat dirasakan dan terukur kualitasnya. “Excellence atau prima adalah unggul, mutu yang baik, baik sekali. Untuk itu, excellence service  adalah harga mati. Pelayanan prima menjadi keyakinan dalam organisasi,” jelasnya. 

Setiap pelayan wajib memiliki kemampuan soft skills dan hard skill. Soft skill dalam pelayanan harus memuat; Pertama, Memiliki kecerdasan emosi; Kedua, Bersikaplah baik kepada masyarakat dengan melakukan senyum, salam, ramah, sebut namanya; Ketiga, Memiliki empati, kesabaran, tidak reaktif; Keempat, Berpenampilan rapih dan bersih “Untuk soft skills dalam pelayanan ini dibutuhkan kecerdasan emosional dalam pelayanan,” paparnya.

Kemampuan mengendalikan perasaan sendiri dan perasaan orang lain, memotivasi diri sendiri dan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri maupun ketika berhubungan dengan orang lain.  
“Membudayakan pelayanan prima harus menjadi bagian dari komitmen civitas akademika  untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi. Caranya harus dibawa happy, selalu mengupgrade kompetensi diri, pentingnya melakukan keterampilan komunikasi dalam pelayanan. SDM jangan sampai mau digantikan oleh teknologi. Semuanya harus kita tingkatkan, keterikatan kita dengan mahasiswa, dosen dalam memberikan pelayanan prima,” ***hr/hms

news-0812

yakinjp


sabung ayam online

yakinjp

yakinjp

yakinjp

rtp yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

judi bola online

slot thailand

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

ayowin

mahjong ways

judi bola online

9001

9002

9003

9004

9005

9006

9007

9008

9009

9010

9011

9012

9013

9014

9015

10031

10032

10033

10034

10035

10036

10037

10038

10039

10040

10041

10042

10043

10044

10045

10101

10102

10103

10104

10105

10106

10107

10108

10109

10110

10221

10222

10223

10224

10225

10226

10227

10228

10229

10230

10111

10112

10113

10114

10115

10231

10232

10233

10234

10235

10236

10237

10238

10239

10240

9016

9017

9018

9019

9020

9021

9022

9023

9024

9025

9026

9027

9028

9029

9030

10046

10047

10048

10049

10050

10051

10052

10053

10054

10055

10056

10057

10058

10059

10060

10116

10117

10118

10119

10120

10121

10122

10123

10124

10125

10126

10127

10128

10129

10130

10206

10207

10208

10209

10210

10211

10212

10213

10214

10215

10216

10217

10218

10219

10220

9036

9037

9038

9039

9040

9041

9042

9043

9044

9045

10061

10062

10063

10064

10065

10066

10067

10068

10069

10070

10131

10132

10133

10134

10135

10136

10137

10138

10139

10140

10196

10197

10198

10199

10200

10201

10202

10203

10204

10205

10001

10002

10003

10004

10005

10006

10007

10008

10009

10010

10011

10012

10013

10014

10015

10016

10017

10018

10019

10020

10021

10022

10023

10024

10025

10026

10027

10028

10029

10030

10141

10142

10143

10144

10145

10146

10147

10148

10149

10150

10181

10182

10183

10184

10185

10186

10187

10188

10189

10190

10191

10192

10193

10194

10195

10071

10072

10073

10074

10075

10076

10077

10078

10079

10080

10081

10082

10083

10084

10085

10151

10152

10153

10154

10155

10156

10157

10158

10159

10160

10161

10162

10163

10164

10165

10166

10167

10168

10169

10170

10171

10172

10173

10174

10175

10176

10177

10178

10179

10180

10086

10087

10088

10089

10090

10091

10092

10093

10094

10095

10096

10097

10098

10099

10100

news-0812