Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sunan Gunung Djati menggelar rapat kerja dengan tema “ Bersinergi Menuju FST yang Religius, Unggul dan Kompetitif ”. Rapat kerja tersebut dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh seluruh dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan FST pada Kamis-Jum’at, 25-26 Februari 2021.
Pada rapat kerja hari pertama, terdapat serangkaian acara pembukaan, sesi pleno, sesi sidang komisi dan diskusi umum. Sementara hari kedua merupakan kegiatan family gathering secara daring dengan berbagai game menarik.
Dalam acara pembukaan, Dekan FST, Dr. Hj. Hasniah Aliyah, M.Si. menyampaikan tentang laporan kinerja FST 2020 dan usulan program prioritas FST pada tahun 2021 yang disaksikan langsung oleh Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si di Aula FST.
Dalam laporan kinerjanya, Dekan FST menjelaskan Program Strategis yang telah dilaksanakan selama tahun 2020 yaitu penguatan SDM, penguatan tata kelola lembaga, pencapaian Visi FST, dan adaptasi pandemik.
“Untuk penguatan SDM, FST telah melaksanakan sosialisasi program akselerasi Lektor Kepala dan Guru Besar, workshop peningkatan pedagogik dosen, serta workshop pelayanan prima,” jelasnya.
Dalam penguatan tata kelola Lembaga, FST menyelenggarakan workshop manajemen dan tata Kelola laboratorium menuju standar ISO 17025, pelayanan akademik dan administrasi secara online, pembentukan unit khusus FST dan penunjukan koordinator lab jurusan, serta migrasi dan integrasi Sistem Akademik (Siakad) FST ke Salam UIN.
Sementara dalam upaya mencapai Visi FST, dilaksanakan reakreditasi Program Studi Kimia dan Biologi, rakor revitalisasi lab, brainstorming akreditasi internasional ASIIN, penandatanganan MoA, pembinaan prestasi mahasiswa, serta workshop pembimbing tilawah.
“Alhamdulillah, prodi Kimia dan Biologi mendapatkan akreditasi A,” ujarnya.
Selain itu, FST juga telah melaksanakan beberapa program spesial pandemik bagi mahasiswa yaitu bantuan sosial PSBB dan training motivasi, serta program religi untuk dosen dan tendik (program tilawah, zikir pagi petang dan membaca alkahfi bersama-sama).
Dalam laporannya, dekan juga menjelaskan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 2020 dimana 38% melebihi target dan 37% sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Sebagai contoh, jumlah dosen berkualifikasi pendidikan S3 tercapai sebanyak 36 orang dari target 35 orang dan jumlah Hak Kekayaan Intelektual (HKI) tercapai 50 HKI dari target 40 HKI.
Untuk lebih meningkatkan kinerja FST, dekan telah menetapkan 10 Program Strategis tahun 2021, diantaranya redesain kurikulum adopsi OBE dan MBKM, persiapan reakreditasi IAPS 4.0 dan ASIIN, serta program penguatan moderasi beragama.
Memasuki sesi pleno, hadir secara daring semua Wakil Rektor UIN Sunan Gunung Djati untuk memaparkan arahan kebijakannya yaitu Wakil Rektor I, Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag., Wakil Rektor II, Prof. Dr. H. Tedi Priatna, M.Ag., Wakil Rektor III, Prof. Dr. Ah. Fathonih, M.Ag. dan Wakil Rektor IV, Prof. Dr. Hj. Ulfiah, M.Si.
Selanjutnya, sosialisasi Rencana Strategis (Renstra) FST 2020-2024 disampaikan langsung oleh Ketua Tim penyusunan Renstra, Asep Solih Awalluddin, M.Si. Struktur isi dari Renstra FST ini terdiri dari sembilan bab, diantaranya memuat stategi dan arah kebijakan FST yang sejalan dengan Visi, Misi dan Tujuan dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Adapun sesi sidang komisi terdiri dari Komisi I (Dosen) dan Komisi II (Tenaga Kependidikan) diisi materi oleh Wakil Dekan I, Dr. Yudha Satya Perkasa, M.Si tentang Alur Akademik, Wakil Dekan II, Dr. Elis Ratna Wulan, M.T. tentang rubrik remun dan alur persuratan, serta Wakil Dekan III, Dr. H. Aep Saepuloh, M.Si tentang SOP Kerjasama dan alur pengajuan beasiswa. Rapat kerja FST hari pertama ini ditutup dengan diskusi umum pimpinan dekanat dengan seluruh dosen dan tendik untuk memberikan masukan tentang program kerja FST 2021.***