Jurusan Agroteknologi Selenggarakan Seminar Motivasi Studi Lanjut Ke Luar Negeri

Fakultas Sains dan Teknologi > Akademik > Jurusan/Prodi > Jurusan Agroteknologi Selenggarakan Seminar Motivasi Studi Lanjut Ke Luar Negeri

Dalam rangka meningkatkan minat mahasiswa dan alumni untuk melanjutkan kuliah khususnya ke luar negeri, Jurusan Agroteknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyelenggarakan Seminar Motivasi Studi Lanjut Ke Luar Negeri, Sabtu (21/8/2021). Dalam seminar ini menghadirkan 3 orang narasumber yang melanjutkan kuliah di bidang pertanian di 3 kampus utama dunia. Adapun ketiga narasumber tersebut ialah Micha Gracianna Devi, seorang Junior Researcher dari Wageningen University of Research, Jakty Kusuma, mahasiswa PhD dari Agro Paris Tech, dan Sri Imriani Pulungan, PhD dari Tsukuba University.

Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan III FST, Dr. H. Aep Saepulloh, M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan dukungannya atas seminar ini.
“Acara ini sangat bersinergi dengan Unit Akselerasi Prestasi di Fakultas Sains dan Teknologi, khususnya di program Outstanding Bachelor Program, yang merupakan program khusus dari fakultas untuk meningkatkan jumlah mahasiswa yang melanjutkan kuliah ke luar negeri. Dengan adanya seminar ini, semoga dari Jurusan Agroteknologi ada mahasiswanya yang melanjutkan kuliah ke luar negeri,” ucapnya.

Acara ini disambut antusias oleh mahasiswa Agroteknologi. Semua mahasiswa dari tingkat 1 sampai tingkat 3 mengikuti kegiatan tersebut. Dalam pemaparannya, ketiga narasumber menjelaskan bahwa kuliah ke luar negeri itu memiliki beberapa keunggulan, baik untuk diri pribadi maupun untuk negara.
“Di luar negeri, kita adalah perwakilan dari negara kita, sehingga akan membuat kita mau tidak mau harus berusaha menjaga nama Indonesia sebaik mungkin, ” ujar Kak Micha.

“Kuliah ke luar negeri itu tidaklah mudah, tapi tidak susah juga jika kita senantiasa berusaha dan berdoa kepada Allah SWT”, ujar Kang Jakty Kusuma.

Mahasiswa juga ditunjukkan beberapa beasiswa yang bisa dilamar agar bisa keluar negeri. Para narasumber juga membagikan tips dan trik agar bisa lolos seleksi.
“Penerima beasiswa, bukanlah orang-orang standar, maka kita harus menjadi outstanding jika ingin mendapatkannya”, pesan Kak Sri.

Acara motivasi seperti ini rencananya akan dilakukan setiap tahun oleh Jurusan Agroteknologi dalam rangka ikhtiar jurusan untuk meningkatkan jumlah mahasiswa dan alumninya yang melanjutkan kuliah ke luar negeri. Semoga niat baik ini diijabah oleh Allah SWT. Aamiin * (Esty-FST)

Leave a Reply