Sebanyak 60 peserta mengikuti Workshop Peningkatan Kompetensi Tenaga Kependidikan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sunan Gunung Djati Bandung bersama Rahmayanti, S.IP., M.Si., dosen Akademi Sekretari dan Manajemen Ariyanti di Aula FST, Senin (24/08/2020).
Dekan FST Dr. Hasniah Aliah, M.Si. didampingi Wakil Dekan I Dr. Yudha Satya
Perkasa, M.Si., Wakil Dekan II Dr. Elis Ratna Wulan, MT., Wakil Dekan III Dr.
H. Aep Saepuloh, M.Si., dan Ketua Unit Penjaminan Mutu FST Ir. Ahmad Taofik,
M.P. menjelaskan acara Workshop ini berlangsung dari tanggal 24-28 Agustus
dengan menghadirkan 10 narasumber: Rahmayanti, S.IP., M.Si., untuk hari
pertama; Dr. H. Jaenudin, M.Ag. dan Drs. H. Akhmad Luthfi, M.M. untuk hari
kedua; Dra. Hj. Dina Mulyati, M.Pd dan Dra. Euis Heni Herlina, M. Pd untuk hari
ketiga; Drs. H. Fathujaman, M.Ag, Dra. Hj. Dedeh Kurnia, M.Ag dan H. Wawan
Gunawan, S.Ag., MM untuk hari keempat; Dr. H. Aep Syaefudin Firdaus, M.Pd dan
Deni Supiadi, S.Ag., MM untuk hari kelima.
Dekan FST Dr.Hasniah Aliah, M.Si mengatakan sebagai pemimpin fakultas sangat
menyadari bahwa SDM merupakan sumber daya terpenting yang membentuk kualitas
lembaga ini. Tanpa dukungan dari SDM dosen dan tenaga kependidikan serta
supporting team lainnya maka visi misi Fakultas dan universitas untuk unggul,
kompetitif akan sangat sulit terwujud. Untuk itu pada akhir bulan Juli yang
lalu telah menyelenggarakan workshop peningkatan kompetensi pedagogik untuk
dosen, “maka saat ini dalam seminggu ke depan teman-teman tenaga kependidikan
pendidikan termasuk supporting team lainnya akan mendapatkan materi-materi
workshop terkait peningkatan kompetensi sebagai tenaga kependidikan.
Diharapkan dengan kegiatan ini bisa merefresh kembali tupoksi masing-masing
melalui materi yang akan disampaikan oleh para Karo dan Kabag di lingkungan
universitas,” tegasnya.
Rektor UIN Bandung, Prof.Dr.Mahmud, M.Si, mengapresiasi setinggi tinggi nya atas ikhtiar yang dilakukan FST dalam upaya meningkatkan kualitas dosen dan tenaga kependidikan demi memberikan layanan prima kepada mahasiswa.
Rektor mengingatkan pentingnya ikhtiar lahir bathin serta koordinasi yang sinergis antara elemen fakultas,agar terus bahu membahu, saling menguatkan satu sama lain, kerjasama dan sama sama bekerja.
Rektor berharap agar fakultas sains dan teknologi menjadi garda terdepan dalam bidang ilmu teknologi (IT).
“ Mari kita bekerjasma, berkolaborasi dan saling menguatkan antara fakultas dalam merelisasikan UIN Bandung, Unggul dan kompetitif, tingkat regional, nasional dan internasional.” Tegas rektor
Pelayanan Prima
Komitmen bersama dalam memberikan pelayanan prima lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) sangat dibutuhkan untuk peningkatan SDM. Para pengelola di fakultas bersama dengan tenaga kependidikan dan supporting sistem lainnya mempunyai peranan sebagai pelayan publik di lingkungan kampus UIN SGD. Umat Islam adalah umat yang paling menjunjung tinggi profesionalisme kerja dan pelayanan prima. Kita diajarkan untuk mencintai saudara kita seperti mencintai diri sendiri dan sebaik-baik kita adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain. “Untuk itulah maka materi pelayanan prima menjadi materi pertama dan utama dalam workshop ini. Terima kasih kepada Ibu Rahmayanti yang telah meluangkan waktu dan nantinya akan membimbing kami semua bagaimana memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa dan dosen di lingkungan FST. Semoga dengan ilmu pelayanan prima dapat menjadi bekal bagi kita dalam menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,” jelasnya.
Bagi Rahmayanti, S.IP., M.Si., service atau pelayanan adalah kegiatan yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, yang bersifat tidak berwujud, tidak dapat dimiliki tetapi dapat dirasakan dan terukur kualitasnya. “Excellence atau prima adalah unggul, mutu yang baik, baik sekali. Untuk itu, excellence service adalah harga mati. Pelayanan prima menjadi keyakinan dalam organisasi,” jelasnya.
Setiap pelayan wajib memiliki kemampuan soft skills dan hard skill. Soft skill dalam pelayanan harus memuat; Pertama, Memiliki kecerdasan emosi; Kedua, Bersikaplah baik kepada masyarakat dengan melakukan senyum, salam, ramah, sebut namanya; Ketiga, Memiliki empati, kesabaran, tidak reaktif; Keempat, Berpenampilan rapih dan bersih “Untuk soft skills dalam pelayanan ini dibutuhkan kecerdasan emosional dalam pelayanan,” paparnya.
Kemampuan
mengendalikan perasaan sendiri dan perasaan orang lain, memotivasi diri sendiri
dan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri maupun ketika
berhubungan dengan orang lain.
“Membudayakan pelayanan prima harus menjadi bagian dari komitmen civitas
akademika untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi. Caranya harus dibawa
happy, selalu mengupgrade kompetensi diri, pentingnya melakukan keterampilan
komunikasi dalam pelayanan. SDM jangan sampai mau digantikan oleh teknologi.
Semuanya harus kita tingkatkan, keterikatan kita dengan mahasiswa, dosen dalam
memberikan pelayanan prima,” ***hr/hms