Dr.Hasniah Aliah,M.Si Lepas 97 Wisudawan Ke-80 Secara Daring

Dr.Hasniah Aliah,M.Si Lepas 97 Wisudawan Ke-80 Secara Daring

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN SGD Bandung, Dr. Hasniah Aliah, M.Si, melepas 97 wisudawan /wisudawati dalam acara Wisuda Sarjana ke-80 secara Virtual melalui Media Zoom, bertempat di Aula Utama FST, Rabu,16 Desember 2020. Acara ini digelar dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan. Dihadiri seluruh pimpinan FST, Dekan (Dr. Hasniah Aliah, M.Si), Wakil Dekan I Bidang Akademik (Dr. Yudha Satya Perkasa, M.Si), Wakil Dekan II Bidang AUPK (Dr. Elis Ratna Wulan, M.Si), Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni (Dr. H. Aep Saepuloh, M.Si), Kabag TU (Asep Setiawan, MM), Kasubag Akademik (Momon Sulaiman, S.HI., MM),tenaga kependidikan, Dosen.  Ketua Jurusan Matematika dan Sekretaris Jurusan (Asep Solih Awalludin, M.Si – Rini Cahyandari, M.Si), Ketua Jurusan Biologi dan sekretaris Jurusan ( Dr. Ana Widiana, M.Si – Ida Kinasih, Ph.D), Ketua Jurusan Fisika dan Sekretaris Jurusan (Dr. Moh. Nurul Subkhi, M.Si – Dr.rer.nat Imamal Muttaqin), Ketua Jurusan Kimia-Sekretaris Jurusan (Eko Prabowo Hadisantoso, M.Pkim – Dr. Nunung Kurniasih, M.Si), Ketua jurusan Teknik Informatika-Sekretaris Jurusan (Cepy Slamet, ST, M.Kom – Agung Wahana, M.T.knik), Ketua Jurusan Agroteknologi (Dr. Liberty, M.Si – Dr. Tina Dewi Rosahdi, M.Si), dan Ketua Jurusan Elektro (Nanang Ismail, MT – Eki Ahmad Zaky Hamidi, MT).

Dekan FST mengatakan, acara pelepasan wisudawan dilakukan secara virtual untuk memutus mata rantai penyebaran COVID 19, meski dilakukan secara virtual, acara ini tetap dilakukan penuh hikmat dan tidak mengurangi esensi kegiatannya. Dekan FST mengapresiasi kepada para wisudawan yang telah sukses mengikuti  proses akademis sampai memasuki momen wisuda.

Dalam pelepasan ini, Dekan FST menyampaikan tiga pesan penting kepada para wisudawan. Pertama, Bersyukurlah Kepada AllahSWT, karena apa yang kita raih merupakan berkat rahmat dan anugrah-Nya.Dan  jangan pernah berhenti untuk terus belajar. Sebab, masa depan hanya bisa diraih oleh orang yang mempunyai motivasi belajar tinggi. Dan,  bisa mengimplementasikan ilmunya di tengah masyarakat. Kedua, terus jungjung tinggi nama baik lembaga dan almamater. Sebab, kompetensi lulusan sains dan teknologi UIN Bandung tidak diragukan lagi ditengah masyarakat, seperti halnya lulusan Perguruan Tinggi yang lainnya, namun, yang terpenting harus manjaga Akhlaqul karimah  atau moralitas di masyarakat dan keluarga, Ketiga, selalu mendo’akan orang-orang yang telah punya peran besar dalam mewujudkan cita-cita, terutama orang tua, dosen atau guru. Hormati dan muliakan orang tua, karena mereka telah banyak berkorban baik moril maupun spirituil. Orang tua tidak mengharapkan apa apa selain anaknya soleh dan sukses. Kesuksesan seorang anak merupakan kebanggaan orang tua, meski belum sepadan dengan pengorbanan mereka. Begitu juga selalu berdoa untuk para guru dan dosen yang telah mendidik dan mengajar ilmu dan hikmah sehingga bisa menggapai keseksesan dalam hidup.

Dekan juga menyampaikan salam hormat kepada para orang tua hebat yang berada dibelakang layar kesuksesan anaknya. “Perjuangan bapak ibu telah membawa sukses, kini saatnya menuai hasilnya sebagai balasan ikhtiar lahir bathin, semoga mendapat balasan pahala dari Allah SWT, “ Ungkap Dekan penuh haru.

Atas nama lnstitusi Dekan pun mengucapkan banyak terima kasih kepada para orang tua yag telah mempercayakan anaknya untuk di bimbing dan di gembleng kemampuan akademik dan non-akademiknya. Sesuai dengan visi UIN Bandung agar menghasilkan lulusan yang unggul dan kompetitif, berbasis Wahyu memandu ilmu,  dalam bingkai akhlaqul karimah.” Dengan visi UIN Bandung kami ditantang untuk membentuk putra putri bapak ibu cerdas akalnya dan soleh hatinya. Selain mendapat ilmu tentang keteknikan, sains dan teknologi, anak-anak juga mendapat mata kuliah khas UIN Bandung yakni praktek ibadah, tilawah dan tahfidz.” Ujar nya.

Tak lupa Dekan juga mengucapkan terima kasih kepada civitas fakultas terutama panitia kegiatan beserta tim yang telah sukses menggelar acara pelepasan wisudawan ke-80 aman dan lancar.

Wadek I Dr. Yudha Satya Perkasa, M.Si dalam kesempatan yang sama melaporkan ada 97 Wisudwan/i yang dilepas secara online.” Pelepasan wisudawan fakultas secara daring merupakan yang ke tiga dilakukan ditengah pandemi covid-19.

Wadek III Dr.Aep Saepuloh, M.Si Dalam kesempatan tersebut, Dia membacakan kata-kata pelepasan kepada 97 wisudawan yang telah sukses melawati satu jengjang akademik (SI) di fakultas sains dan teknologi.

“Saya atas nama keluarga besar fakultas sains dan teknologi dengan ini, melepas saudara – saudara yang telah selesai menjalani studi sebagai mahasiswa Sains dan Teknologi UIN SGD Bandung.Selamat atas prestasi yang telah di raih ini.Dan, selamat menjadi alumni, jangan terlena dengan apa yang telah di capai.Terus semangat mengembangkan ilmu,Karena umat dan negara menunggu kalian-kalian.Semoga Allah Swt. melimpahkan rahmat kepada kalian dan keluarga. ” Ujar WDIII saat membacakan teks naskah pelepasan .

Wadek III juga mengingatkan kepada para wisudawan untuk tetap menjaga silaturahmi meski sudah menjadi alumni.

” Saya berpesan kepada kalian teruskan silaturahmi dan tetap pertahankan kekompakan dan kebersamaan melalui oganisasi ikatan Alumni (IKA) Fakultas Sains dan Teknologi Bandung,” Pinta Wadek III

Dijelaskan Wadek III, meski pelepasan wisudawan via daring, tetapi tetap ada kesan tersendiri. Menurutnya, ada kekurangan dan kelebihan acara dilakukan lewat Daring. Sebab itu, untuk menutupi kekurangannya dibutuhkan kemasan yang maksimal lewat sentuhan teknologi baik visual maupun non-visual. Seraya ia berpesan kepada para wisudawan  untuk bisa menjaga  citra institusi dan almamater  dengan prilaku akhlak mulia di masyarakat.

Dalam wisuda ke -80  ini terseleksi  wisudawan dengan IPK tertinggi di program studi masing masing yakni: Ayi Nurazizah (Prodi Fisika,IPK 3,94),Risna Deyanti (Prodi Agroteknologi,IPK 3,83),Balqis Tri Oktaria (Prodi Biologi,IPK 3,82),Anjani Risqiati (Prodi Teknik Informatika,IPK 3.78) Indri Nurfazri L (Prodi Teknik Elektro,IPK 3,67),Siti Samhah dan Rima Nuraulia Rahayu (Prodi Matematika IPK 3,64) dan Virandra Andria Yuninda (Prodi Kimia 3,38)***Harry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *