Jurusan Matematika Sukses Laksanakan Kuliah Umum dan Silaturahim dengan Orang Tua Mahasiswa Baru

Fakultas Sains dan Teknologi > Akademik > Jurusan/Prodi > Jurusan Matematika Sukses Laksanakan Kuliah Umum dan Silaturahim dengan Orang Tua Mahasiswa Baru

Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi
UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyelenggarakan acara kuliah umum sekaligus silaturahim dengan orang tua mahasiswa baru angkatan 2021 pada Sabtu (4/9/21) lalu. Kuliah umum ini diselenggarakan secara virtual dan dihadiri oleh 85 orang mahasiswa beserta orang tuannya. Adapun tema yang diangkat dalam kuliah umum tersebut adalah Aplikasi Matematika, Big Data, dan Artificial Inteligen untuk Komputasi Al-Qur’an.

Dengan menggunakan tiga bahasa, Bahasa Indonesia, Bahasa Sunda dan Bahasa Arab, acara dipandu oleh tiga orang MC yaitu Listyaning Nurani, Irsalina Azzahra Permana, dan Revani Nur Hasanah. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Dr. Hasniah Aliah, M.Si, sambutan ketua Jurusan Matematika Asep Solih Awalluddin, M.Si dan sambutan perwakilan orang tua mahasiswa Dr. Bahrudin.

Dekan FST menyambut positif dan memberikan dukungan atas kegiatan yang diselenggarakan oleh Jurusan Matematika, terutama karena telah sukses menghadirkan mahasiswa baru dan orang tua sekaligus. Menurut dekan, keberhasilan pembelajaran mahasiswa juga ditentukan oleh peran dan dukungan orang tua dari rumah.
Selain itu, dekan juga berharap dengan kuliah umum ini bisa turut mensukseskan visi misi FST.

“Semoga (dengan kegiatan ini) akan lahir generasi yang tidak hanya cerdas intelektual, tetapi juga punya keunggulan dalam ilmu agama dan berakhlak mulia dengan Al-Quran sebagai landasan,” tegasnya.

Mengusung agenda silaturahim, para mahasiswa dan orang tua terlebih dahulu diperkenalkan dengan profil dari Jurusan Matematika meliputi kegiatan-kegiatan akademik, pengenalan dosen di Jurusan Matematika, serta pemutaran video profil alumni yang sudah terjun ke dunia kerja.

Sementara kegiatan utama, kuliah umum disampaikan oleh Dr. Arief Fatchul Huda, S.Si.,M.Kom dan dipandu oleh moderator Mia Siti Khumaeroh, M.Si. Dalam pemaparannya, Dr. Arief menyampaikan pentingnya meluruskan niat dan ikhlas dalam mencari ilmu. Selain itu juga dijelaskan secara sederhana bagaimana proses seseorang mempelajari ilmu matematika. Proses belajar ini dikaitkan dengan konsep iman, islam dan ihsan.

Setelah sesi kuliah umum selesai, para mahasiswa dan orang tua memasuki sesi breakroom untuk berkenalan dan berdiskusi dengan masing-masing Dosen Pembimbing Akademiknya.

Acara kuliah umum ini ditutup dengan serangkaian sosialisasi yaitu sosialisasi pedoman akademik dan kurikulum, sosialisasi proses administrasi, tutorial cara penggunaan LMS (E-knows) untuk mahasiswa baru dan sosialisasi dari himpunan matematika. *

Leave a Reply