Fakultas Saintek UIN Sunan Gunung Djati Luncurkan Aplikasi Curcol: Meningkatkan Layanan dan Transparansi

Bandung, 12 Juli 2024 – Sebagai bagian dari upaya mendukung Zona Integritas dan meningkatkan layanan kepada seluruh sivitas akademika dan masyarakat, Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) UIN Sunan Gunung Djati telah meluncurkan aplikasi Curcol (Curhatan secara Online). Aplikasi ini disediakan sebagai sarana bagi penerima layanan untuk melaporkan keluhan dan memberikan masukan secara langsung.

Aplikasi Curcol memungkinkan pengguna untuk melaporkan berbagai isu yang mereka hadapi, terutama terkait fasilitas dan keuangan. Dengan sistem yang mudah diakses dan transparan, fakultas berupaya menjawab setiap keluhan dengan cepat dan efektif, serta mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas layanan.

Menurut hasil monitoring dan evaluasi (monev) tahun 2024, sebagian besar laporan yang masuk melalui aplikasi Curcol berkaitan dengan fasilitas dan keuangan. Namun, hingga saat ini, belum ada laporan yang terkait dengan Whistleblowing System (WBS), gratifikasi, atau benturan kepentingan. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun aplikasi ini telah berfungsi dengan baik dalam menampung keluhan, kesadaran dan partisipasi dalam melaporkan isu-isu terkait integritas masih perlu ditingkatkan.

Dekan Fakultas Saintek, Prof.Dr. Hasniah Aliah,M.Si , menyatakan bahwa peluncuran aplikasi Curcol merupakan langkah penting dalam meningkatkan transparansi dan responsivitas fakultas terhadap kebutuhan dan keluhan dari penerima layanan. “Aplikasi Curcol memungkinkan kami untuk lebih cepat merespons dan menindaklanjuti setiap keluhan yang masuk. Kami berharap pengguna aplikasi ini dapat lebih aktif dalam melaporkan isu-isu penting terkait integritas, seperti WBS, gratifikasi, dan benturan kepentingan,” ujar Prof.Dr. Hasniah.

Peluncuran aplikasi Curcol didukung oleh seluruh sivitas akademika Fakultas Saintek, yang berkomitmen untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanan. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan semua keluhan dan masukan dapat dikelola dengan lebih baik, sehingga tercipta lingkungan akademik yang lebih transparan dan responsif.