I.1 Tim Kerja
Kode | Komponen | Lampiran Dokumen |
a. | Pembentukan Tim Kerja | [Link Dokumen] |
b. | Mekanisme penentuan Anggota Tim Kerja | [Link Dokumen] |
I.2 Rencana Pembangunan Zona Integritas
Kode | Komponen | Lampiran Dokumen |
a. | Rencana Kerja Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/ WBM | [Link Dokumen] |
b. | Target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM |
[Link Dokumen] |
c. | Mekanisme/media sosialisasi pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM |
[Link Dokumen] |
I.3 Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM
Kode | Komponen | Lampiran Dokumen |
a. | Kesesuaian Pembangunan Zona Integritas dengan Rencana | [Link Dokumen] |
b. | Monev Pembangunan Zona Integritas | [Link Dokumen] |
c. | Tindak Lanjut Hasil Monev | [Link Dokumen] |
I.4 Perubahan Pola Fikir dan Budaya Kerja
Kode | Komponen | Lampiran Dokumen |
a. | Peran pimpinan sebagai role model dalam pelaksanaan pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM |
[Link Dokumen] |
b. | Penetapan agen perubahan | [Link Dokumen] |
c. | Pembangunan budaya kerja dan pola pikir | [Link Dokumen] |
d. | Keterlibatan anggota organisasi dalam pembangunan ZI menuju WBK/WBBM |
[Link Dokumen] |
Dokumen Reform Area Manajemen Perubahan [Link Dokumen]
II.1 Prosedur Operasional Tetap
Kode | Komponen | Lampiran Dokumen |
a. | Apakah SOP mengacu pada peta proses bisnis instansi? | [Link Dokumen] |
b. |
Apakah Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkan? |
[Link Dokumen] |
c. |
Apakah prosedur operasional tetap telah dievaluasi? |
[Link Dokumen] |
II.2 Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)
Kode | Komponen | Lampiran Dokumen |
a. | Sistem pengukuran kinerja unit menggunakan teknologi informasi | [Link Dokumen] |
b. |
Operasional manajemen SDM menggunakan teknologi informasi |
[Link Dokumen] |
c. |
Pemberian pelayanan kepada publik menggunakan teknologi informasi |
[Link Dokumen] |
d. |
Monitoring dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam kinerja unit, operasional SDM, dan pemberian layanan kepada publik |
[Link Dokumen] |
II.3 Keterbukaan Informasi Publik
Kode | Komponen | Lampiran Dokumen |
a. |
Penerapan kebijakan tentang keterbukaan informasi publik |
[Link Dokumen] |
b. |
Monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan dan keterbukaan informasi publik |
[Link Dokumen] |
Dokumen Reform Area Penataan Tata Laksana [Link Dokumen]
III.1 Perencanaan kebutuhan pegawai sesuai dengan kebutuhan organisasi
Kode | Komponen | Lampiran Dokumen |
a. |
Apakah kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing-masing jabatan? |
[Link Dokumen] |
b. |
Apakah penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan? |
[Link Dokumen] |
c. |
Apakah telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi |
[Link Dokumen] |
III.2 Pola Mutasi Internal
Kode | Komponen | Lampiran Dokumen |
a. |
Dalam melakukan pengembangan karier pegawai, apakah telah dilakukan mutasi pegawai antar jabatan ? |
[Link Dokumen] |
b. |
Apakah dalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan? |
[Link Dokumen] |
c. |
Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja? |
[Link Dokumen] |
III.3 Pengembangan pegawai berbasis kompetensi
Kode | Komponen | Lampiran Dokumen |
a. |
Apakah Unit Kerja melakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi? |
[Link Dokumen] |
b. |
Dalam menyusun rencana pengembangan kompetensi |
[Link Dokumen] |
c. |
Apakah terdapat kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatan? |
[Link Dokumen] |
d. |
Apakah pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya? |
[Link Dokumen] |
e. |
Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, apakah unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai (dapat melalui pengikutsertaan pada lembaga pelatihan, in-house training, atau melalui coaching, atau mentoring, dll) ? |
[Link Dokumen] |
f. |
Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam |
[Link Dokumen] |
III.4 Penetapan kinerja individu
Kode | Komponen | Lampiran Dokumen |
a. |
Apakah terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan perjanjian kinerja organisasi? |
[Link Dokumen] |
b. |
Apakah ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya? |
[Link Dokumen] |
c. |
Apakah Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodik? |
[Link Dokumen] |
d. |
Apakah hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian reward (pengembangan karir individu, penghargaan dll)? |
[Link Dokumen] |
III.5 Penegakan Aturan Disiplin/Kode Etik/Kode Perilaku Pegawai
Kode | Komponen | Lampiran Dokumen |
a. |
Apakah aturan disiplin/kode etik/kode perilaku telah dilaksanakan/diimplementasikan? |
[Link Dokumen] |
III.6 Sistem Informasi Kepegawaian
Kode | Komponen | Lampiran Dokumen |
a. |
Apakah data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkala? |
[Link Dokumen] |
Dokumen Reform Area Penataan Sistem Manajemen SDM [Link Dokumen]
IV.1 Keterlibatan Pimpinan
Kode | Komponen | Lampiran Dokumen |
a. |
Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Perencanaan? |
[Link Dokumen] |
b. |
Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Penetapan Kinerja? |
[Link Dokumen] |
c. |
Apakah pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala? |
[Link Dokumen] |
IV.2 Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja
Kode | Komponen | Lampiran Dokumen |
a. |
Apakah dokumen perencanaan sudah ada? |
[Link Dokumen] |
b. |
Apakah dokumen perencanaan telah berorientasi hasil? |
[Link Dokumen] |
c. |
Apakah terdapat Indikator Kinerja Utama (IKU)? |
[Link Dokumen] |
d. |
Apakah indikator kinerja telah SMART? |
[Link Dokumen] |
e. |
Apakah laporan kinerja telah disusun tepat waktu? |
[Link Dokumen] |
f. |
Apakah pelaporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja? |
[Link Dokumen] |
g. |
Apakah terdapat upaya peningkatan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja? |
[Link Dokumen] |
h. |
Apakah pengelolaan akuntabilitas kinerja dilaksanakan oleh SDM yang kompeten? |
[Link Dokumen] |
V.1 Pengendalian Gratifikasi
Kode | Komponen | Lampiran Dokumen |
a. |
Telah Dilakukakan Public Campaign Tentang Pengendalian Gratifikasi |
[Link Dokumen] |
b. | Pengendalian gratifikasi telah diimplementasikan | [Link Dokumen] |
V.2 Penerapan SPIP
Kode | Komponen | Lampiran Dokumen |
a. |
Telah dibangun lingkungan pengendalian |
[Link Dokumen] |
b. | Telah dilakukan penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakan | [Link Dokumen] |
c. | Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi | [Link Dokumen] |
d. | SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait | [Link Dokumen] |
V.3 Pengaduan Masyarakat
Kode | Komponen | Lampiran Dokumen |
a. | Tautan Layanan Pengaduan Masyarakat, Kotak Saran dan Aduan | [Link Dokumen] |
b. | Bukti laporan tindak lanjut ajuan | [Link Dokumen] |
c. | Laporan Monev Penanganan Aduan Masyarakat dan Tindak Lanjutnya | [Link Dokumen] |
V. 4 Whistle Blowing System
Kode | Komponen | Lampiran Dokumen |
a. | Whistle Blowing System telah diterapkan | [Link Dokumen] |
b. | Laporan Monev WBS dan Tindak Lanjutnya | [Link Dokumen] |
V.5 Penangangan Benturan Kepentingan
Kode | Komponen | Lampiran Dokumen |
a. | Identifikasi Pemetaan Kebijakan Benturan Kepentingan | [Link Dokumen] |
b. | Sosialisasi dan Implementasi | [Link Dokumen] |
c. | Laporan Monev Penerapaan COI dan Tindak Lanjutnya | [Link Dokumen] |
VI.1 Standar Pelayanan
Kode | Komponen | Lampiran Dokumen |
a. |
Terdapat kebijakan standar pelayanan |
[Link Dokumen] |
b. |
Standar pelayanan telah dimaklumatkan |
[Link Dokumen] |
c. |
Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan |
[Link Dokumen] |
d. |
Telah melakukan publikasi atas standar pelayanan dan maklumat pelayanan |
[Link Dokumen] |
VI.2 Budaya Pelayanan Prima
Kode | Komponen | Lampiran Dokumen |
a. |
Telah dilakukan berbagai upaya peningkatan kemampuan dan/atau |
[Link Dokumen] |
b. |
Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media |
[Link Dokumen] |
c. |
Telah terdapat sistem pemberian penghargaan dan sanksi bagi petugas pemberi pelayanan |
[Link Dokumen] |
d. |
Telah terdapat sistem pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar |
[Link Dokumen] |
e. |
Telah terdapat sistem pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar |
[Link Dokumen] |
f. |
Terdapat inovasi pelayanan |
[Link Dokumen] |
VI.3 Pengelolaan Pengaduan
Kode | Komponen | Lampiran Dokumen |
a. |
Terdapat Media Pengaduan dan Konsultasi Pelayanan yang Terintegrasi dengan SP4N-Lapor |
[Link Dokumen] |
b. |
Terdapat unit yang mengelola pengaduan dan konsultasi pelayanan |
[Link Dokumen] |
c. |
Telah dilakukan evaluasi atas penanganan keluhan/masukan dan konsultasi |
[Link Dokumen] |
VI.4 Penilaian Kepuasan terhadap Pelayanan
Kode | Komponen | Lampiran Dokumen |
a. |
Telah dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan |
[Link Dokumen] |
b. |
Hasil survei kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka |
[Link Dokumen] |
c. |
Dilakukan tindak lanjut atas hasil survei kepuasan masyarakat |
[Link Dokumen] |
VI.5 Pemanfaatan Teknologi Informasi
Kode | Komponen | Lampiran Dokumen |
a. |
Telah menerapkan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan |
[Link Dokumen] |
b. |
Telah membangun database pelayanan yang terintegrasi |
[Link Dokumen] |
c. |
Telah dilakukan perbaikan secara terus menerus |
[Link Dokumen] |
Dokumen Reform Area Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik [Link Dokumen]