Teknik Elektro UIN Bandung- STEI ITB Kolaborasi ICWT 2020  Via Virtual

Teknik Elektro UIN Bandung- STEI ITB Kolaborasi ICWT 2020 Via Virtual

Jurusan Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung berkolaborasi dengan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar The 6th International Conference on Wireless and Telematics (ICWT) 2020 secara virtual di The Trans Luxury Hotel Bandung, Kamis (3/9/2020).

Konferensi Internasional ke-6 tentang Nirkabel dan Telematika (ICWT) 2020 ini dibuka langsung Dekan FST UIN SGD Dr. Hasniah Aliah,M.Si. Dalam sambutannya, Dekan FST, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan merasa senang atas terselenggaranya ICWT 2020. Meskipun dalam suasana pandemi covid-19, tetap digelar secara virtual.

Menurutnya ICWT merupakan forum ilmiah yang menghimpun para peneliti dan praktisi baik dari kampus maupun industri di bidang komunikasi wireless, telematika, teknologi wireless, mobile communication, radar sistem, teknik elektro, teknik komputer, teknik biomedik, dan bidang terkait lainnya.

Dijelaskan Dia, target utama digelarnya ICWT 2020 ini untuk menyatukan ilmuwan akademis, insinyur, dan peneliti industri agar bertukar, berbagi pengalaman dan hasil penelitian mereka tentang Sains dan Teknologi serta mendiskusikan tantangan praktis yang dihadapi dan solusi yang diadopsi.

“Saya berharap kita mendapatkan pengalaman yang bermanfaat dan gunakan kesempatan ini untuk bertemu teman lama dan mendapatkan banyak teman baru. Dalam konferensi ini, para peneliti menghasilkan karya ilmiah yang bermanfaat bagi masyarakat. Karena karya-karya tersebut merupakan salah satu tonggak pencapaian suatu proses pembelajaran dan penelitian yang telah dilaksanakan secara serius dengan mengacu pada prosedur dan prinsip ilmiah,” ujar Dekan FST.

Dia menambahkan ICWT 2020 merupakan rangkaian konferensi tahunan yang diselenggarakan oleh STEI ITB sejak tahun 2015 dan diselenggarakan bersama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

“Tahun ini merupakan tahun ketiga kerjasama antara Jurusan Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan ITB dalam penyelenggaraan ICWT. Pada tahun pertama kerjasama ICWT 2018 di Bali, Alhamdulillah UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyumbang 15 makalah. Untuk ICWT 2019 di Yogya kami mempresentasikan 35 makalah, dan ICWT 2020 di Bandung terdapat 35 makalah dari kami. Jadi, ini pencapaian yang luar biasa bagi kami dalam melakukan kolaborasi publikasi untuk meningkatkan kampus tercinta,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan STEI ITB Tutun Juhana mengungkapkan kehadiran ICWT diharapkan menjadi salah satu konferensi penting di Indonesia dalam bidang informasi dan teknologi komunikasi.

“Konferensi ini menjadi wadah bagi universitas, industri, pemerintah, dan sektor publik untuk mengekspos dan bertukar ide dan metode inovatif mereka,” ucapnya..

Sejak 2015, konferensi ini telah menyatukan yang luar biasa dan keragaman yang kaya dari penulis dan pembicara untuk berbagi ide dan ide baru perspektif tentang berbagai penelitian tentang informasi dan topik teknologi komunikasi.

“Tahun ini, kami memiliki lebih dari 80 kiriman yang penulisnya tersebar tidak hanya universitas dari dalam negeri universitas tetapi juuga dari rekan kami di luar negeri, seperti Malaysia, Lybia, India, Republik Korea, Sri Lanka, dll,” tuturnya. ***Harry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *