FST UIN SGD Bandung Raih Berbagai Prestasi

WhatsApp Image 2020-01-21 at 21.43.54

Segudang prestasi berhasil diraih Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN SGD Bandung. Hal itu terungkap dalam Rapat Kerja (Raker) di Hotel Krisna Pangandaran (21- 23/1).

Rapat Kerja ini mengambil tema “Sinergitas Program Kerja FST dalam Mewujudkan UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang Unggul dan Kompetitif”. Selain dihadiri 111 peserta, Raker FST pun dihadiri oleh Rektor UIN SGD Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si, Wakil Rektor I Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag., Wakil Rektor II Dr. Tedi Priatna, M.Ag., Wakil Rektor IV Prof. Dr. Hj. Ulfiah, M.Si., dan Kepala Biro AUPK Drs. H. Akhmad Luthfi, M.M.

Kegiatan Raker dimulai dengan Laporan Ketua Panitia Eki Ahmad Zaki Hamidie, M.T yang menyampaikan sekitar 85,4% sivitas akademik FST dapat hadir dalam acara Raker tersebut. Kegiatan Raker ini sebenarnya adalah kelanjutan kegiatan Raker yang telah berlangsung dari Hari Kamis (16/1) di FST.

WhatsApp Image 2020-01-21 at 21.23.46 WhatsApp Image 2020-01-21 at 21.27.28WhatsApp Image 2020-01-21 at 21.23.46 (1)

Selanjutnya, Dekan FST Dr. Hj. Hasniah Aliah, M.Si., menyampaikan Realisasi dan Evaluasi Indikator Kinerja Utama 2019 FST UIN SGD Bandung. Dimana terdapat 6 Sasaran Strategis dengan 43 Indikator Kinerja Utama (IKU) pada Kontrak Kinerja 2019 Dekan FST. Hasniah menyampaikan 47% melebihi target (21 butir), 40% sesuai target (17 butir), dan 12% belum sesuai target (4 butir). Realisasi tersebut diperoleh dengan banyaknya prestasi yang diraih FST, antara lain:
– Jurusan Kimia adalah jurusan dengan lama studi tersingkat
– Jurusan Biologi memiliki rata-rata IPK tertinggi
– Jurusan Kimia rutin berlangganan jurnal nasional dan internasional
– Jurusan Fisika memiliki prosentase dosen bergelar Doktor terbanyak.
– Jurusan Teknik Informatika dan Agroteknologi adalah 2 jurusan yang mempunyai dosen dengan gelar Profesor.
– Jurusan Teknik Elektro memiliki jumlah jurnal nasional dan jumlah penelitian kerjasama dengan berbagai industri
– HKI terbanyak dimiliki oleh Jurusan Agroteknologi
– Jurusan Matematika memiliki judul riset terbanyak dan berhasil menghantarkan 1 medali emas pada OSKI 2019.
– Dan prestasi-prestasi lainnya.

Fakta ini menunjukkan bahwa 39 dari 43 IKU atau sekitar 90,7% IKU yang telah tercapai. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan serius, antara lain:
– Pada IKU 1, jumlah mahasiswa baru yang diterima melebih dari target yang sebenarnya kurang baik, sehingga perlu perencanaan yang matang dalam penerimaan mahasiswa dengan mempertimbangkan rasio dosen dan mahasiswa.
– Pada IKU 13, rata-rata IPK mahasiswa S1 3.33 yang sedikit dibawah target capaian yaitu 3.34.
– Pada IKU 20, jurnal nasional terakreditasi yang dilanggan lebih kecil dari target. Penyebabnya adalah mayoritas jurnal bersifat open access sehingga tidak perlu berlangganan.
– Pada IKU 17, indeks kepuasan masyarakat perlu dievaluasi, baru jurusan Kimia satu-satunya jurusan yang menerapkan ini.
– Pada IKU 22, persentase jumlah dosen yang bergelar doktor masih belum sesuai target.
– Selain itu, Target Anggaran Fakultas dari target penyerapan 97%, hanya terserap 91.7%. dan terhambat di akhir tahun anggaran.

Adapun beberapa Program Strategis FST Tahun 2020 yang akan ditawarkan antara lain: alokasi anggaran untuk jurusan akan berdasarkan penyerapan di akhir 2020, 3 jurusan yang harus reakreditasi dengan target submit bulan Maret, peningkatan kompetensi setiap sivitas yang ada (terutama bagi calon dosen dalam ilmu pedagogik), peningkatan kompetensi Tendik, pengelola administrasi, dan Laboran, Internalisasi WMI kedalam Tridarma, dan lain sebagainya.

Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si memberikan sambutan, arahan, sekaligus membuka secara resmi Raker FST tahun 2020. Beliau juga menyampaikan dengan bangga “Diantara fakultas di UIN, FST adalah Fakultas yang paling menonjol di UIN SGD dengan prestasi-prestasinya. Diantaranya 2 dari 5 penghargaan di BCRR, medali emas untuk OSKI”. Rektor menitipkan pesan untuk terus membudayakan saling menghargai, karena sudah tidak ada lagi perbedaan, “Mari bekerja untuk UIN Bandung yang unggul dan kompetitif”, tegasnya. Beliau juga menaruh harapan yang besar Fakultas Sains dan Teknologi menjadi Fakultas yang paling terdepan dan contoh pada segala bidang Sains dan Teknologi.

WhatsApp Image 2020-01-21 at 21.43.46 WhatsApp Image 2020-01-21 at 21.43.53 (1)

Materi berikutnya diisi oleh Wakil Rektor (WR) I, II, dan IV yang memberikan arahan-arahan untuk kemajuan UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan moderator Prof. Dr. H. Muhamamd Ali ramdhani, S.TP., MT. WR I, Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag menyampaikan perlu adanya pengembangan Sumber Daya Manusia menuju World Class University. Dimana terdapat program prioritas pada bidang akademik (pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat), antara lain: pengembangan sistem informasi dan layanan akademik, percepatan Guru Besar, publikasi dimana FST menjadi penyumbang publikasi paling besar, serta akreditasi program studi.
WR II, Dr. H. Tedi Priatna, M.Ag mengingatkan besarnya peluang pengembangan mahasiswa FST, tetapi jumlah mahasiswa FST paling sedikit. Sedangkan, proses manajemen administrasi umum akan terus diperbaharui berbasis digital. WR IV, Prof. Dr. Hj. Ulfiah, M.Si pun menyampaikan bahwa “Perguruan Tinggi yang terbuka, fleksibel, dan bermutu itu tentunya didukung oleh strategi dan program kerja yang baik”. Materi dilanjutkan dengan pembahasan dan arahan Sistem Informasi Pegawai yang disampaikan langsung oleh kepala Biro AUPK, Drs. H. Akhmad Luthfi, M.M dan tim PTIPD UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Semoga rangkaian kegiatan Raker FST ini dapat membawa UIN Sunan Gunung Djati Bandung uang unggul dan kompetitif dengan konsep World Class University dan didukung sumber daya yang bermutu.

Pembahasan dilanjutkan dengan Rapat Komisi yang pembagiannya disesuaikan dengan pembagian para Wakil Dekan, yaitu Komisi I Bidang Akademik dipimpin oleh Dr. Yudha Satya Perkasa, M. Si., Komisi II Bidang Admnistrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan dipimpin oleh Dr. Elis Ratnawulan, M.T. Sedangkan Komisi III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama dipimpin oleh Dr. Aep Saepuloh, M. Si.
(DianSM&DienaRR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*