FST UIN SGD Bandung Gelar Refleksi Tahun 2019 dan Penutupan Saintek Cup

FST UIN SGD Bandung Gelar Refleksi Tahun 2019 dan Penutupan Saintek Cup

REPLEKSI 2019

Upaya mengevaluasi atas capaian kinerja tahun 2019 dan merencanakan kerja tahun 2020, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung menggelar Refleksi Tahun 2019 dan Penutupan Saintek Cup 2019, dengan menghadirkan narasumber Agung Fatwa (Life Motivator and Public Speaking Trainer) di Aula FST, Selasa (31/12/2019).

Acara doa bersama dan muhasabah ini dibuka langsung oleh Dekan FST, Dr. Hj. Hasniah Aliah, M.Si, yang didampingi Dr. Yudha Satya Pekasa, M.Si (Wakil Dekan I Bidang Akademik), Dr. Elis Ratna Wulan, S.Si, MT (Wakil Dekan II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan), dan Dr. H. Aep Saepuloh, M.Si (Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama).

Dalam sambutannya Dr. Hasniah Aliah, M. Si. menegaskan arti pentingnya muhasabah dengan mengutip perkataan Ali bin Abi Thalib “Barangsiapa yang harinya sekarang lebih baik daripada kemarin maka dia termasuk orang yang beruntung. Barangsiapa yang harinya sama dengan kemarin, maka dia adalah orang yang merugi. Barangsiapa yang harinya sekarang lebih jelek daripada harinya kemarin, maka dia terlaknat. “Ini harus menjadi momentum yang tepat untuk melakukan evaluasi diri, kinerja dalam bekerja supaya lebih baik dari sekarang,” tegasnya.

Menurutnya, dalam melakukan evaluasi tidak perlu menunggu waktu sampai satu tahun. “Mari kita merenung atas apa yang kita perbuat, peroleh, dan lakukan. Semakin sering dan pendek muhasabah itu dilakukan akan lebih baik daripada harus menunggu waktu pergantian satu tahun. Untuk itu, mari kita jadikan momentum yang singkat ini untuk melangkah dan menatap lebih baik ke masa depan,” paparnya.

Acara Refleksi Tahun 2019 ini diakhiri dg doa bersama yang dipimpin oleh Wakil Dekan III FST Dr. Aep Saepuloh, M. Si.

Mengenai Saintek Cup 2019, Dekan FST sangat mengapresiasi atas kerja Dewan Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Jurusan yang ikut berpartisifasi aktif dan berhasil menyelenggarkan berbagai perlombaan dalam membangu kebersamaan dan persaudaraan di lingkungan FST.

“Saya atas nama Dekan mengucapkan selamat kepada para juara. Namun harus diingat, perolehan juara bukan segalanya karena yang lebih utama itu bagaimana kita bisa menciptakan silatutahmi dan kebersamaan.Untuk tahun 2019 perbedaannya ditambah dengan perlombaan Best Supporter dalam kerangka membangun persaudaraan. Melalui kegiatan Saintek Cup dan Refleksi tahun 2019 diharapkan dapat menjadi momentum yang tepat untuk melakukan muhasabah, evaluasi diri supaya lebih baik di masa mendatang,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Dekan III FST Dr. Aep Saepuloh, M. Si. menjelaskan bahwa mulai tahun 2019 ini Saintek Cup memperebutkan Piala “Best Supporter” dengan tujuan pembinaan agar mahasiswa berlomba menjadi supporter yang  tertib dan santun sehingga tujuan Saintek Cup sebagai ajang silaturahmi dan kebersamaan ini bisa tercapai.***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *